Sengoku Jidai : 3 Shogun Paling Berkuasa di ‘Era’nya.

maxresdefault (1)Zaman Sengoku (戦国時代 sengoku jidai, zaman negara-negara berperang) (sekitar 1493 – sekitar 1573) adalah salah satu pembagian periode dalam sejarah Jepang yang dimulai sekitar 1493Peristiwa Meiōnoseihen (pergolakan di dalam klan Ashikaga untuk menentukan pewaris jabatan shogun)sampai shogun ke-15 Ashikaga Yoshiakiditaklukkan oleh Oda Nobunaga yang menandai akhir zaman Muromachi dan mengawali zaman Azuchi Momoyama. Zaman Sengoku adalah akhir dari zaman Muromachi. Ada juga pendapat yang mengatakan zaman Azuchi Momoyama atau disebut juga zaman Shokuhō (織豊時代 shokuhō jidai?, zaman Oda Nobunaga-Toyotomi Hideyoshi)sudah dimulai sejak Oda Nobunaga mulai bertugas di Kyoto sebagai pengikut Ashikaga Yoshiaki.

Pada zaman tersebut ada beberapa tokoh shogun yang terkenal diantaranya :
1.NOBUNAGA ODA

Nobunaga Oda (織田 信長?) (lahir 23 Juni 1534 – meninggal 21 Juni 1582 pada umur 47 tahun) adalah seorang daimyo Jepang yang hidup dari zaman Sengoku hingga zaman Azuchi-Momoyama. dia adalah pemimpin kepala clan oda dan dijuluki sebagai raja iblis surga keenam, setan merah, si bodoh .Nobunaga harus bersaing memperebutkan hak menjadi kepala klan dengan adik kandungnya Nobuyuki oda. Setelah menang dalam pertempuran melawan klan Imagawa dan klan Saito, Nobunaga menjadi pengikut Ashikaga Yoshiaki dan diangkat sebagai pejabat di Kyoto. Kekuatan penentang Nobunaga seperti klan Takedaklan Asakura, pendukung kuil Enryakuji, dan kuil Ishiyama Honganji dapat ditaklukkan berkat bantuan Ashikaga Yoshiaki. Nobunaga menjalankan kebijakan pasar bebas (rakuichi rakuza) dan melakukan survei wilayah. Nobunaga diserang pengikutnya yang bernama Akechi Mitsuhide sehingga terpaksa melakukan bunuh diri dalam Insiden Honnōji.

2. HIDEYOSHI TOYOTOMI

Hideyoshi Toyotomi (豊臣 秀吉?) (lahir 2 Februari 1536 – meninggal 18 September 1598pada umur 62 tahun) adalah pemimpin Jepang mulai dari zaman Sengoku sampai zaman Azuchi Momoyama.Pemimpin clan Toyotomi yang dijuluki Monyet, Tikus botak, Tōkichi, Chikuzen, Taikō. Lahir sebagai anak petani di desa Nakamura, provinsi Owari(sebelah barat Prefektur Aichi), sewaktu menjadi tangan kanan daimyō Oda Nobunagayang paling diandalkan. Setelah berhasil berdamai dengan klan Mōri di daerah Chūgoku, Hideyoshi menarik kembali pasukannya (peristiwa Penarikan Pasukan dari Chūgoku) ke Kyoto menemukan Oda Nobunaga sang majikan dibunuh oleh bawahannya Akechi Mitsuhide dalam Insiden Honnōji (本能寺の変 honnōji no hen?).

Hideyoshi mewariskan kekuasaan Oda Nobunaga setelah berhasil menghabisi Akechi Mitsuhide dalam Pertempuran Yamazaki. Hideyoshi membangun Istana Osaka, tapi mengingat latar belakangnya sebagai orang biasa, Kaisar belum bisa memberikan gelar shogun, sehingga untuk sementara Hideyoshi diberi gelar Kampaku. Pada waktu menerima jabatan Dajō daijin ( 1586), kaisar menghadiahkan nama keluarga Toyotomi. Setelah berhasil menjadi pemimpin yang mempersatukan seluruh wilayah Jepang, Toyotomi Hideyoshi mengadakan survei wilayah yang disebut Taikōkenchi (太閤検地?)dan melarang orang di luar kalangan bushi untuk memiliki senjata katana. Di tengah invasi ke Korea yang disebut Perang Tujuh Tahun (文禄・慶長の役 Bunroku-keichō no eki?), Toyotomi Hideyoshi tutup usia setelah mewariskan kekuasaan kepada putranya Toyotomi Hideyori yang dititipkannya kepada Tokugawa Ieyasu.

Perjalanan hidup Toyotomi Hideyoshi yang luar biasa dari anak petani sampai menjadi orang nomor satu di zaman Sengoku sering dijadikan bahan cerita yang dikisahkan secara turun temurun dan sering dilebih-lebihkan. Toyotomi Hideyoshi konon pernah membangun Istana Sunomata dalam waktu semalam, mempertaruhkan nyawa dalam Pertempuran Kanegasaki agar posisi Oda Nobunaga yang sedang terjepit maut bisa lolos melarikan diri, dan pernah menyerang Istana Takamatsu dengan banjiran air.

3. IEYASU TOKUGAWA

Ieyasu Tokugawa (徳川 家康; lahir di Okazaki31 Januari 1543 – meninggal di Shizuoka1 Juni 1616 pada umur 73 tahun; lahir dengan nama Matsudaira Takechiyo松平 竹千代) adalah seorang daimyo dan shogun di Jepang. Dia kepala clan Tokugawa sebagai pemenang menyatukan jepang dan penguasa jepang di zaman Edo(1603-1868).
Ieyasu Tokugawa  adalah seorang daimyo dan shogun di Jepang. Pendiri Keshogunan Tokugawa (Tokugawa Shogunate) yang memerintah Jepang sejak menaklukkan Ishida Mitsunari dalam Pertempuran Sekigahara pada tahun 1600 hingga Restorasi Meiji pada tahun 1868. Bersama dengan Toyotomi Hideyoshi dan Oda Nobunaga, Ieyasu adalah salah satu dari tiga pemersatu Jepang pada periode Sengoku. Ia memerintah dari tahun 1600 karena sepeninggalan Hideyoshi terjadi perebutan kekuasaan di antara para daimyo. Daimyo Ieyasu akhirnya berhasil merebut kekuasaan keshogunan. Ieyasu mendirikan keshogunan Tokugawa, Pemerintahannya dipusatkan di Edo (sekarang Tokyo). Selama 264 tahun (1603-1868) keshogunan Tokugawa berkuasa di Jepang. Selama periode ini, Jepang cenderung tertutup dari dunia luar. Keshogunan Tokugawa berakhir setelah Restorasi Meiji yang menandai berakhirnya keshogunan Tokugawa sekaligus menjadi keshogunan terakhir di Jepang.

Advertisements

Author: bysuji

Bernama lengkap Ni Putu Sujikantini, lebih asik dipanggil Suji, lahir di kota Negara, Jembrana 19 tahun silam. Baru saja lulus dari salah satu SMK Negeri dan sekarang sedang melanjutkan Studi di Sekolah Tinggi Bahasa Asing Saraswati dengan prodi Sastra Jepang. Sebetulnya sudah menggunakan wordpress dari SMP! tapi, sepertinya ada problem sama si g*****smartlock pas dibuka, gagal terus! Yasudah, mari ikhlaskan saja. Blog ini dibuat dalam rangka pemenuhan tugas akhir pelajaran komputer bisnis. Walaupun demikian, saya juga memang ingin membuat ulang wordpress pribadi dan mengisi kembali tiap halaman yang hilang. Seperti kata pepatah, Sambil menyelam, menangkap ikan. hehe

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s